Pusaka Kawali Gecong Sippa Sikadong Sikadoi

Rp.1.690.000  

Kawali Gecong merupakan warisan kebudayaan fisik dan juga merupakan Pusaka Gaib berupa senjata tikam jarak pendek dengan bilah yang hanya memiliki satu sisi tajam dan ujung yang runcing. Kawali secara utuh memiliki tiga elemen pokok yaitu bilah, wanoa dan pangulu. Masing-masing elemen tersebut memiliki bentuk dan makna tersendiri. 


Bilah merupakan elemen paling pokok karena di dalamnya terdapat motif pamor yang mengadung pesan atau makna simbolik yang dijadikan pedoman masyarakat pendukungnya, dalam hal ini masyarakat Bugis. 


Penelusuran bentuk dan makna motif pamor melalui interpretasi analsis dengan pendekatan Estetika Nusantara dan penjelasan emik dalam kebudayaan, sehingga diketahui bahwa eksistensi pamor kawali adalah selain sebagai motif penghias bilah juga sebagai pesan yang menggambarkan kehidupan yang ideal dalam masyarakat Bugis. 


Dahulu kala badik tak bisa lepas dari pinggang seseorang pria Bugis ke mana pun ia pergi. Demikian juga ketika mereka merantau, badik menjadi benda sakral yang wajib ikut dan menemani dalam perantauan. "Apalagi badik pusaka leluhur, tentunya selain digunakan untuk jaga diri dari gangguan orang jahat, badik demikian dianggap bisa menolak bala, nah badik pusaka masih diyakini dapat menjadi azimat yang memberi pengaruh ke arah baik atau buruknya bagi pemilik atau pemegang badik tersebut 


Masyarakat Bugis Bone memiliki beberapa macam jenis badik khas, salah satu yang paling dikenal dan disakralkan di Bone adalah badik jenis Gecong. 


Badik ini dahulunya hanya digunakan seorang raja atau kalangan bangsawan di Bone. "Badik Gecong adalah badik Raja Bone yang paling disakralkan dan hampir di setiap acara adat masyarakat Bone, badik gecong hadir dalam rangkaian diantaranya pencucian badik pusaka raja Bone maupun acara tradisi tolak bala di Bone Badik Gecong lebih akrab disebut oleh masyarakat Bugis Bone dengan nama Kawali. 

Badik ini asalnya dari daerah bagian selatan Kabupaten Bone yang disebut Kampung Kajuara. 

Berdasarkan cerita dan keyakinan masyarakat Bugis di Kajuara, badik Gecong milik raja tersebut dibuat langsung oleh makhluk halus dan pembuatannya pun di malam hari. "Orang di Kajuara, Bone percaya badik raja (gecong) dibuat makhluk halus. Pada malam hari pembuatannya hanya didengar suara palu yang terus berbunyi bertalu-talu hingga jelang pagi. Paginya itu badik sudah jadi Badik gecong ukurannya hanya berkisar 20-25 sentimeter. 

Adapun cirinya mirip dengan badik khas suku Makassar yang bernama badik Lompo Battang (perut besar). Hanya saja, bilahnya agak membungkuk, di mana hulunya agak kecil dan melebar selanjutnya bagian ujung sangat meruncing. 

Pada umumnya, badik gecong yang pada masa lalu hanya digunakan oleh raja maupun bangsawan suku Bugis Bone tersebut berbahan besi dan bajanya berkualitas tinggi serta mengandung meteorit yang tampak menonjol pada permukaannya. "Badik gecong ini mempunyai pamor yang disebut oleh masyarakat Bugis sebagai timpalaja atau mallasoancale yang letaknya dekat hulunya. 

Bahannya pun dari besi baja yang berkualitas tinggi serta mengandung meteorit yang menonjol di permukaan.

Badik Kawali berikut ini disebut juga Badik Gecong Sukku' (Sippa Sikadong, Sikadoi, Mabbellesse, Bettu Cigerro) Massalo, Sebbo Pittu, Sumpang, Buaka, Bunga Pejje, Ureq Tuo, Uleng Puleng  
Pusaka Kawali Gecong ini bisa berdiri dan seimbang tidak jatuh sehingga ada Yoni roh sangat berbeda dengan senjata jenis lain. Setrta sangat seimbang jika dipasangkan dengan sarung kayunya yang terbuat dari Kayu Bertuah asal Sulawesi sehingga walaupun di goyang-goyangkan Kawali seimbang tidak jatuh.

Kawali dengan pamor seperti pada video dipercaya cocok untuk:
* Pengasihan
* Kerejekian
* Pelet
* Untuk segala urusan terutama urusan Bisnis/Dagang 
* Hubungan ke lawan jenis. 
* Bahkan jika ingin melamar sudah menjadi adat di Sulawesi Selatan membawa Kawali jenis ini.
* Senjata Para Raja
* Kepemimpinan
* Menaikkan Jabatan sampai tingkatan tertinggi

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Sitemap | Sitemap Atom | Sitemap Feed
Copyright © 2016. Kabbalah Satanic - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger